FastabiquL Khoirot.. ^_^

cHadVentuRer

Rabu, 29 Februari 2012

Gomennasai dan Wanita

Gomennasai... atau   Maaf...
Seperti lirik lagu BLuE..."Sorry seems to be the hardest word".. (saya suka lagu ini...)

Kata maaf adalah kata yang susah-sussah gampang alias gampang-gampang-sussah untuk diucapkan. Tergantung maksud dan tujuan. Bila ada suatu kesalahan, kadang sulit untuk mengatakannya, kadang senang dengan kata-kata itu. Senang disini dalam artian dengan mengatakan maaf bisa membuat hati legaaaaaaaaaaa... seperti makan permen pelega tenggorokan, karena saat mengatakannya lencar banaaaa... dan gak mentok ampe tenggorokan aja. Ada juga yang sangat sulit untuk mengatakannya, yang bisa saja disebabkan karena terlalu besar kesalahan sehingga malu untuk mengakuinya. Sekecil dan sebesar apapun kesalahan adalah hal yang harus dipertanggung jawabkan. Harus berani menerima resiko.

Selain itu, dari sebuah jejaring sosial yang sedang marak digemari oleh khalayak ramai. Kata 'maaf' mempunyai arti lain, yaitu suatu bentuk tidak ingin kehilangan seseorang yang berarti. Hmm... masuk akal juga sich, karena dengan meminta maaf kepada orang yang bersangkutan, maka hubungan yang asalnya kurang baik akan membaik kembali. Dengan perasaan takut kehilangan seseorang yang sangat berharga itu, maka kata maaf (sekali lagi) bisa melegakan jika permintaan maaf kita diterima. hal ini sejalan dengan harapan yang membuat kita akan berfikir bahwa orang yang bersangkutan masih care terhadap kita karena dapat memaafkan kesalahan.

Kata 'maaf' juga merupakan ungkapan sayang, karena.... cari tahu saja sendiri jawabannya... (aku juga bingung, tapi low ditelusuri lebih lanjut... perkataan maaf yang keluar dengan tulus dapat menyentuh hati masing-masing pelaku baik subjek maupun objek. Seperti permintaan maaf seorang kakak kepada adiknya, antar sahabat,  istri kepada suami, de-es-be. Karena dapat mendekatkan mereka kembali... horreeeeeee ^_^).

Banyak cara yang dilakukan oleh wanita dalam meminta maaf. Diantaranya, memberi meminta maaf langsung sambil membuatkan/memberikan hadiah/barang kesukaan objek. Ini bukan 'nyogok'  bleh..  tapi bentuk kesungguhan dia bahwa dia benar-benar ingin meminta maaf. Bukan berarti setia meminta maaf harus memberikan sesuatu.. tapi bikin hal yang berkesan saat momen itu girlzz...
Hehe.. jadi inget Jandi (BBF Korea) ngasih apel sama JunPyo waktu mita maaf. Ato waktu seseorang merajut syal untuk sahabatnya sebagai tanda kesungguhan dia, atau ketika seseorang meletakkan coklat dan makanan kesukaanya di depan pagar rumah untuk mengganti makan malam yang batal... hmm.. banyak lagi dah..

Memaafkan bukanlah hal yang mudah, karena berkaitan dengan emosi dan perasaan. Seorang wanita bisa membawa perasaan sakit sampai keliang lahatnya. Seperti yang diterangkan guru saya saat masih SMA. Beliau menjelaskan bahwa jangan pernah menyakiti hati seorang perempuan, karena hal itu akan terus membekas di hatinya meskipun dia sudah bisa memaafkan. Bekas itu akan terus berada dalam hatinya baik secara sadar maupun tidak. Bekas itu tidak bisa hilang begitu saja. Bahkan sampai berpuluh-puluh tahun lamanya. Namun, karena begitu lembutnya dan sensitif hati seorang wanita, maka dengan keindahan yang ada pada dirinya dan kesabaran yang dipancarkan maka, kasih sayang itu akan sedikit-sedikit menutup luka hati yang ada. Itulah wanita dengan anugerah yang ada padanya, berupa kelembutan dan penuh kasih dalam hatinya. 

Oleh karena itu, banyak yang mengatakan bahwa wanita adalah makhluk yang sangat rumit. Memang, dalam hitungan detik saja perasaannya bisa berubah drastis. Lebih cepat dari es yang menjadi lumer, lebih cepat dari air yang mendidih, dan lebih cepat dari air terjun yang mengalir.

Yang paling penting, meminta maaf adalah hal yang harus dilakukan dengan baik jika kita mempunyai kesalahan dan berusaha dengan maksimal untuk memperbaiki serta tidak mengulangi kesalahan yang sama.
Dan memaafkan adalah suatu hal yang sangat mulia, karena Allah Maha Ghafuur... Maha Pemberi Maaf dan Ampunan, sudah sepantasnya kita sebagai menausia dapat memaafkan kesalahan orang lain. Apalagi manusia adalah tempat salah dan lupa. Dan tidak mau memaafkan berati termasuk orang yang sombong karena telah melebihi  sifat Allah Yang Maha Pemurah dan Pemaaf.

Wallahu'alam bisshowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Me

Foto saya
I'm Not a perfect woman, but I'm a Special woman..! BLue HoLic, Adventurer n traveller, Blogger. o_O bLoody type 'B' \\(^_^)//

Visitors

free counters